lpm

Lembaga Pengabdiann pada masyarakat (LPM) adalah lembaga sosial keagamaan yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim. Lembaga ini bergerak di jalur dakwah islamiyah dan pelayanan ummat. Berdirinya Lembaga Pengabdian pada Masyarakat sebenarnya tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta itu sendiri. Jalinan antara pondok dengan masyarakat inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya lembaga ini. Adapun awal tujuan didirikannya Lembaga Pengabdian pada Masyarakat adalah :

  1. Untuk mengorganisir aktivitas dakwah yang bersifat keluar yang dilakukan oleh Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta.
  2. Sebagai wadah pengabdian dan wahana intelektualitas santri.
  3. Berfungsi mengintegrasikan Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta dengan masyarakat.
  4. Membantu pelaksanaan program-program Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta dalam bidang pembinaan masyarakat.

Berawal dari pemikiran itulah, kita dapat berfikir bahwa keberadaan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta sangatlah penting sebagai media komunikasi serta mempererat tali silaturrahmi antara pondok dengan masyarakat. Selain itu pula dapat digunakan sebagai wadah para santri untuk mengamalkan ilmu yang telah didapat selama ini  dan sebagai sarana pembelajaran menghadapi masyarakat. Serta berfungsi juga untuk memecahkan problem sosial keagamaan yang sedang berkembang di masyarakat. Adapaun agenda utama lembaga ini adalah pembinaan keberagaman umat, pendidikan bagi anak-anak melalaui unit-unit kegiatan TPA(Taman pendidikan Al Qur’an), pembinaan majlis taklim, penerjunan Mubaligh dan klhotib-khotib ke masjid-masjid.

Sampai saat ini LPM  telah memiliki puluhan desa binaan di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman.