07Jul 2014

pawh

Panti Asuhan Wahid Hasyim (PAWH) merupakan lembaga penyedia santunan pendidikan bagi anak-anak yatim piatu dan anak-anak yang berasal dari kalangan keluarga pra-sejahtera yang diselenggarakan oleh Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim. PAWH didirikan pada tanggal 17 November 1999, berdasarkan inisiatif sekaligus wasiat al-maghfurlah K.H. Abdul Hadi Syafi’i, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Wahid Hasyim.

  1. 1
    Donasi dan Innformasi

    Untuk donasi ke PAWH bias melalui Rekening BRI cabang Yogyakarta Cik Ditiro, Nomor Rekening : 0029-01-001251-53-9 a/n Panti Asuhan Wahid Hasyim. Kontak Person : Afin Masrija (085702634556).

  2. 2
    Program Pembinaan Kemandirian

    1. PAWH mengupayakan terselenggaranya pelayanan pendidikan akademis-kognitif melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan formal secara terpadu.
    2. PAWH mengupayakan terselenggaranya pelayanan program tahfidz al-qur’an melalui kerjasama dengan lembaga tahfidz al-qur’an (Madrasah Huffadz Wa Tafsir).
    3. PAWH mengembangkan kecakapan berbahasa asing melalui penyelenggaraan kursus bahasa Arab dan Inggris.
    4. PAWH mengupayakan terwujudnya program pengembangan lifeskill melalui berbagai kegiatan peningkatan ketrampilan, kesenian, kepemimpinan dan pengembangan diri.
    5. PAWH mengupayakan terwujudnya pengembangan keterampilan berbasis teknologi komputer dan informatika.

     

  3. 3
    Pola Pelayanan

    Pola Pelayanan Panti Asuhan Wahid Hasyim adalah sebagai berikut :
    Sumber dana yang diperoleh PAWH dikelola secara professional dan didistribusikan kepada anak sebagai amal jariyah dan digunakan untuk kemaslahatan yang lebih luas.
    Sumber dana PAWH diorientasikan bagi kepentingan pelayanan pendidikan anak sehingga memiliki konstribusi besar bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.
    Sumber dana dikelola berdasarkan prinsip transparansi dan akuntabilitas yang dilaporkan secara berkala dan dapat diakses setiap saat.

  4. 4
    Sejarah

    Panti Asuhan Wahid Hasyim (PAWH) merupakan lembaga penyedia santunan pendidikan bagi anak-anak yatim piatu dan anak-anak yang berasal dari kalangan keluarga pra-sejahtera yang diselenggarakan oleh Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim. PAWH didirikan pada tanggal 17 November 1999, berdasarkan inisiatif sekaligus wasiat al-maghfurlah K.H. Abdul Hadi Syafi’i, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Wahid Hasyim. Saat pendiriannya, PAWH bernama GAWASAYAP (Lembaga Wakaf dan Santunan Yatim Piatu) dan secara resmi telah mendapatkan rekomendasi dari Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Surat Keputusan nomor : WI/6/PP.00.7/987/2000 tanggal 15 Mei 2000.
    GAWASAYAP memeliki sejumlah agenda kegiatan sosial-ekonomi yang meliputi: pengelolaan wakaf, santunan fakir miskin, santunan pendidikan untuk yatim-piatu dan anak dari keluarga pra-sejahtera, serta pengelolaan unit-unit usaha. Penajaman orientasi dan efektifitas pengelolaan kelembagaan merupakan langkah krusial yang perlu dilakukan, oleh karena itu sejak tahun 2006 prioritas agenda kegiatan GAWASAYAP lebih ditekankan pada penyediaan santunan pendidikan bagi anak-anak yatim piatu serta anak-anak yang berasal dari kalangan keluarga pra-sejahtera. Sementara itu, secara institusional, pengelolaan wakaf diserahkan kepada lembaga tersendiri dan terpisah. Berdasarkan serangkaian perubahan tersebut, maka dipandang perlu untuk mengubah nama lembaga, dari GAWASAYAP (Lembaga Wakaf dan Santunan Yatim Piatu) menjadi PAWH (Panti Asuhan Wahid Hasyim), dan kemudian pada 1 Oktober 2010 telah resmi mendapatkan ijin operasional sebagai organisasi sosial dari Dinas Sosial Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Surat Keputusan nomor : 188 / 4704 / V.I.
    Seiring perkembangannya, pada Maret 2012, PAWH selain menjalankan peran sebagai pengelola santunan fakir miskin dan santunan pendidikan untuk yatim-piatu dan anak dari keluarga pra-sejahtera, juga menjalankan peran sebagai Lembaga Beasiswa Wahid Hasyim (LBWH).
    Bentuk santunan pendidikan untuk anak-anak yatim piatu, anak-anak dari keluarga pra-sejahtera dan anak-anak beasiswa yang diupayakan oleh PAWH meliputi : pemberian bantuan dana pendidikan (SPP), livingcost(Syahriyah Pondok), chatering, uang saku, pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan-kebutuhan lainnya selama periode pendidikan. Agar pelayanan pendidikan dapat diselenggarakan bersama secara optimal, maka PAWH telah melakukan kerjasama secara terpadu dengan lembaga-lembaga pendidikan formal mulai dari tingkat dasar hingga tingkat menenegah atas. Lembaga-lembaga pendidikan dimaksud, antara lain :

    Madrasah Ibtidaiyah (MI) Wahid Hasyim
    Madrasah Tsanawiyah (MTs) Wahid Hasyim
    Madrasah Aliyah (MA) Wahid Hasyim.
    Madrasah Huffadz wa Tafsir Wahid Hasyim.

    Secara umum, jumlah anakPAWH yang mendapatkan pelayanan pendidikan di lembaga pendidikan tersebut berdasarkan tahun angkatan adalah sebagai berikut :

    Tabel Jumlah Anak Panti Asuhan Wahid Hasyim per-Tahun
    No Tahun Ajaran Jumlah Anak

    1. 1999/2000 5
    2. 2000/2001 7
    3. 2001/2002 10
    4. 2002/2003 14
    5. 2003/2004 22
    6. 2004/2005 47
    7. 2005/2006 49
    8. 2006/2007 30
    9. 2007/2008 40
    10. 2008/2009 44
    11. 2009/2010 49
    12. 2010/2011 48
    13. 2011/2012 29
    14. 2012/2013 20
    15. 2013/2014 31

    Supaya agenda-agenda tersebut dapat terlaksana secara optimal, maka PAWH berupaya untuk menjalin hubungan silaturahmi dan kerjasama dengan semua pihak terkait, dengan mendasarkan pola kepemimpinan dan manajemen kelembagaan pada prisnsip transparansi dan akuntabilitas.

     

  5. 5
    Visi dan Misi

    Visi Panti Asuhan Wahid Hasyim adalah menjadi panti asuhan yang menyediakan dan mengelola santunan pendidikan dan pelayanan kesejahteraan secara professional, transparan dan amanah demi terwujudnya generasi masa depan yang mandiri dan berkualitas.

    Misi Panti Asuhan Wahid Hasyim sebagai lembaga sosial yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim adalah sebagai berikut :
    Menyelenggarakan pelayanan dan pendampingan optimal bagi terpenuhinya kesejahteraan anak.
    Menyediakan santunan pendidikan anak secara menyeluruh dan membina kerjasama dengan lembaga pendidikan dan pihak-pihak terkait demi terwujudnya pendidikan yang terpadu dan berkualitas.
    Mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang berlandaskan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

  6. 6
    Struktur Organisasi

    Ketua : Almustafa
    WakilKetua : Suryo Hadi Kusumo
    Sekertaris I : Muhammad Iqbal Rahman
    Sekretaris II : Fita Rohmaniyatuz Zulfa
    Bendahara I : Nok Tuslihah
    Bendahara II : Mujib, S.H.I.

    DEPARTEMEN-DEPARTEMEN

    Financial Lobbying :
    - Afin Masrija (Koord)
    - Arief Miftahuddin
    - M. Yunus Ahdan
    - Sa’id Firmansyah
    - Asngat Hidayat
    - RH Al-Hadid
    - Murtadlo
    - Syahruddin
    - Binti Afifah
    - Nurrohmah
    - Nur Jannah
    - Kurrotul A’yun
    - Laeli Nasaika
    - Nadia Fauziyah
    - Mazia Fahriana
    - Fiki Himmatuna
    - Arina Rahmatika
    - Ulfa Qomariyah

    BP dan Kesejahteraan:
    - Anang Alfan Rois (Koord)
    - Ashwab Mahasin, S.H.I.
    - Aulia Rahman
    - M. Labib Ridlo
    - Angko Wildan
    - Ima Rif’atun Nafi’ah
    - Hana Luthfi Alifah
    - Atika Dwi Rohayati
    - Malika Fajri Noor
    - Oktia Permata Sari
    - Ni’maturrifqi Maula
    - Fitrotul Muzayyanah
    - Faricha Irawati, S.Pd.I.
    - Tri Agita Rini

     

  7. 7
    Motto

    “Santunan Pendidikan, Santunan Generasi Masa Depan”